Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) disebabkan ulah manusia yang ingin mendapatkan keuntungan ekonomi. Jokowi ingin segera ada solusi permanen untuk menghentikan ulah keserakahan manusia tersebut.

“Kita perlu mencari solusi yang permanen untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan untuk tahun-tahun mendatang. Karena apa? 99 persen kebakaran hutan itu adalah ulah manusia baik yang disengaja atau tidak disengaja karena kelalaian dan motif utamanya selalu satu, ekonomi,” kata Jokowi dalam Rakornas pengendalian Karhutla, di Istana Negara, Senin (22/2/2021).

 

Jokowi mengaku telah mengetahui bahwa pembakaran adalah cara murah untuk membuka atau membersihkan lahan. Ia meminta para korporasi diperingatkan agar tidak lagi melakukan pembakaran.

“Saya tahu pembersihan lahan dengan pembakaran itu adalah cara yang paling murah, tapi ini sudah dimulai edukasi kepada masyarakat, ke perusahaan dan korporasi, tidak, harus ditata ulang kembali, cari solusi agar korporasi dan masyarakat membuka lahan tidak dengan cara membakar,” tegasnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Food-haus-970x90-banner (2)

Baca Juga