FAKTALINTASNUSA, AMBON — Kabupaten Maluku Tengah adalah salah satu Kabupaten dari 5  Kabupaten,  yang masuk dalam prioritas Kabupaten Kemiskinan Ekstrim 2021 di Indonesia. Selain Kabupaten Maluku Tengah masih ada Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, dan Seram Bagian Timur.

Kabupaten Maluku Tengah  dengan APBD Tahun 2020 sebesar  Rp. 1.814.504.198.00 dan APBD 2021 sebesar RP. 1.733.004.227.000, ( sumber, APBD 20/21) , merupakan Kabupaten yang memiliki Anggaran pendapatan dan belanja tertinggi di Provinsi Maluku ini,  masih termasuk dalam kategori Kemiskinan Ekstrim 2021.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin rapat koordinasi percepatan penanggulangan kemiskinan ekstrem 2021 untuk wilayah Maluku, Rabu (13/10). Rapat tersebut dihadiri oleh Gubernur Maluku Murad Ismail dan lima bupati yang wilayahnya masuk prioritas, yakni Bupati Maluku Tengah, Maluku Barat Daya, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, dan Seram Bagian Timur.

Ma’ruf mengingatkan, waktu tersisa untuk menyelesaikan kemiskinan ekstrem 2021 tinggal beberapa bulan lagi. Sementara, target yang harus diselesaikan ada 35 kabupaten di tujuh provinsi, termasuk lima kabupaten di Maluku.

“Maluku ini yang pada hari ini kita hadirkan, yaitu sudah lima kabupaten di berbagai area. Sebenarnya kemiskinan ekstrem di Maluku ini bukan hanya lima, tapi untuk 2021 ini hanya 5 kabupaten (ditangani),” kata Wapres dikutip dari rilis yang dibagikan Sekretariat Wakil Presiden saat memimpin rapat di Kantor Gubernur Provinsi Maluku, Rabu (13/10).

Wapres berharap pemerintah daerah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah kemiskinan di lima kabupaten ini. Ia mengingatkan, tantangan terbesar dalam penanganan kemiskinan ekstrem adalah memastikan seluruh program penanggulangan, baik program pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten dapat diterima oleh rumah tangga miskin ekstrem di lima wilayah kabupaten tersebut.

Sumber : Republika,Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ilham Tirta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga