Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program Brilian pj Bupati Maluku Tengah untuk mengembalikan warga Iha kembali ke negeri asalnya di saparua.

——————–

FAKTALINTASNUSA,MASOHI. Pj Bupati Maluku Tengah Dr. Muhamat Marasabessy, SP.ST.M.Tech bersama Kepala Pemerintah Negeri Iha  mengadakan silaturrahmi dengan warga Negeri Iha yang berada di Masohi, Pulau Buru, Ambon, lengkong Negeri Liang , Lohi Negeri Sepa dan warga Iha lainnya yang ada diluar Maluku. Silaturrahmi ini bertujuan ini membicarakan kembalinya Warga Negeri Iha di Negeri asalnya di Saparua Timur.

Dalam Silaturrahmi ini, Pj Bupati Maluku Tengah  mendengarkan langsung suara hati warga Negeri Iha dimana saja berada dan juga pendapat para tokoh Agama. Silaturrahmi ini melibatkan Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Maluku, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Ketua Klasis Pulau-Pulau Lease, Dandim 1504, Camat, Para Latupati sekecamatan Saparua Timur dan Saparua, para tokoh agama dan stake holder lainnya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Maluku Drs. Abdullah Latuapo menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap progam brilian pj Bupati Malteng yang dengan mulia ingin mengembalikan Masyarakat Negeri Iha diperantauan  untuk kembali ke Negeri Asalnya di Pulau Saparua.

” Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh program brilian pj Bupati Maluku Tengah untuk mengembalikan warga Iha kembali ke negeri asalnya di saparua. Program Mulia Pak Bupati tentunya sangat baik untuk menciptakan perdamaian, kerukunan dan menjalin persatuan dan kesatuan orang basudara. Mari kita sambut niat mulia ini. Kata ketua MUI yang juga ketua FKUB Maluku ini.”

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan oleh Ketua Klasis Pulau-Pulau Lease pdt J Malle STh ” Kami mengapresiasi dan mendukung program kemanusiaan yang baik ini dari Bpk Bupati Maluku Tengah.

Dukungan juga datang dari Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku H Yamin S.Ag. MPd. Program Mulia Bupati Maluku Tengah hrus didukung . Karena ini adalah merupakan program Pemerintah untuk kemaslahatan Masyarakat.

“Kami mendukung penuh progma muliah Bupati Maluku Tengah untuk pengembalian warga Iha ke negeri asalnya. Karena ini adalah program pemerintah untuk kemaslahatan masyarakat” katanya.

“Kami rindu pulang di negeri kami, negeri kelahiran kami. kami sangat mendukung dan menyampaikan terima kasih  kepada pj Bupati Maluku Tengah yang dengan niat baiknya memperhatikan negeri kami. sudah dua  puluh tahun, baru kali kami dipertemukan seperti ini oleh Bpk Bupati Maluku Tangah. terima kasih semoga Allah Melindungi aktivitas Bapak Bupati yang selalu memperhatikan kami warga Iha” ungkap salah satu warga Iha pada silaturrahmi

Mayoritas pendapat dari warga Ihadan para Latupati serta tokoh agama  yang mengikuti silaturrahmi melalui zoom  ini mendukung penuh program Pj Bupati Maluku Tengah untuk rencana Pengembalian warga Negeri Iha ke Negeri Iha Saparua Timur.

Diakhir silaturrahmi, Pj Bupati Maluku menyampaikan terima kasih kepada Kepala Pemerintah Negeri Iha, Saniri dan perangkatnya serta seluruh masyarakat Negeri Iha dimana saja dan yang sementara mengikuti Silaturrahmi zoom atas  kehadirannya, partisipasinya dalam silaturrahmi dan diskusi tentang program pengembalian warga negeri Iha ke negeri asalnya di Saparua Timur

” Saya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Bpk Raja Iha, Saniri , tokoh agama dan masyarakat Negeri Iha dimana saja, atas partisipasinya memenuhi undangan silaturrahmi ini. Saya Rindu silaturrahmi seperti ini  dengan semua Warga Iha dimana saja untuk mendengarkan pikiran dan perasaan warga dan membicarakan bersama program Pemkab Maluku Tengah tentang keberadaan Negeri Iha ini dari aspek pemerintahan, Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat” ungkapan sedih  Pj Bupati dengan mata berkaca-kaca.

” Malam  ini saya bersama Bpk Raja Ngeri Iha, Saniri dan perangkatnya bersilaturrahmi dengan masyarakat Iha. Tentunya ini semua sudah di atur oleh Allah SWT. semoga Niat baik ini di Ridhai Allah SWT. Harapan saya dengan silaturrahmi ini program ini dapat berjalan dengan baik. Saya berharap segala sesuaatunya menyangkut dengan aktivitas di Negeri Iha harus melalui Pemerintah Negeri Iha. Kita harus menjunjung tinggi marwa Raja Negeri Iha” himbau pj Bupati yang juga ketua ICMI Maluku ini.

Moderator Diskusi dan silaturrahmi dipimpin  oleh Ketua Tim Pengembalian Warga Negeri Iha Dr. Djar Wattiheluw, MSi.MH (FLN).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

kampus-hukum-web2

Baca Juga