Festival Lewetaka Banda Naira 2021
Festival Lewetaka Banda Naira 2021 – Acara tahunan yang di rayakan oleh masyarakat Banda.

FAKTALINASNUSA BANDA, 13/11/21 – Banda akan digelar  Festival Lewetaka Banda Naira 2021. Festival ini merupakan acara adat dan budaya yang akan berlangsung pada tanggal 20 – 22 November 2021.

kegiatan adat dan budaya Banda digelar dalam Festival Lewetaka termasuk musyawarah tiga kampung adat di Kota Naira, putar tempat siri laut, dan ritual adat Namasawar.

Acara ini merupakan acara tahunan yang di rayakan oleh masyarakat yang berada di kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Beragam acara akan meramaikan festival lewetaka Banda Naira 2021. Diantaranya, lomba perahu belang menjadi ikon festival akbar ini karena memiliki nilai historis. Perahu Belang atau yang disebut Kora-Kora merupakan perahu tradisional adat masyarakat banda.

Selain perahu belang ada juga acara lain seperti, lomba gerak jalan indah tingkat pelajar sekola SD dan SMP, karnaval, senam bersama dan juga atraksi potong kenari dan belah buah pala.

Acara ini juga akan di hadiri oleh Bapak Bupati Maluku Tengah dalam rangka pelantikan Kepala Desa Negeri Rajawali, pelantikan BPN Desa Merdeka, BPN Desa Pulau Hatta dan sekaligus peresmian Puskesmas Waer. Yang ada di pulauw Banda Besar.

Festival Lewetaka 2021 ini juga dengan tujuan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Banda yang beberapa waktu lalu terpuruk akibat pandemi Covid-19. Potensi yang ada di banda yaitu wisata Banda selain bahari, ada wisata alam, ada juga wisata sejarah.

“Festival Lewetaka 2021 digelar untuk menjaga dan melestarikan simbol-simbol adat istiadat katong orang Banda dan juga untuk menarik wisatawan berkunjung ke Pulau Banda,” kata Ketua Panitia Festival Lewetaka Banda 2021, Saiful Karmen,

“ Rizal Bahalwan (Orlima Besar Namasawar ) mengatakan, Festival Lewetaka 2021 adalah Jaga Banda. Yang artinya masyarakat Banda maupun wisatawan yang datang ke Banda dapat turut membangun Banda dan masyarakatnya, bukan merusak. “Jaga Banda, menghargai adat dan agamanya yang ada di banda deng kol bias lai jaga dia pu lingkungan, karna itu misi besar dari acara Festival Lewetaka 2021  ” pungkasnya.

“Katong berharap dengan adanya kegiatan ini semakin mengukuhkan Banda sebagai wilayah adat. Jika katong mampu menjaga dan melestarikan adat Banda, maka secara otomatis katong akan menjaga lingkungan alam Banda,” jelas Saiful. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga