FAKTALINTASNUSA BANDA – Ribuan masyarakat Banda Neira Kabupaten Maluku Tengah memenuhi pesisir pantai untuk menyaksikan lomba dayung perahu belang tradisional Pada 28/11/21.

Lomba Perahu belang yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan festival budaya Banda Neira 2021 ini di lepas oleh Camat.

Khusus untuk lomba dayung belang, panitia membaginya dalam dua kategori, yaitu kelompok perahu belang adat sebanyak 4 perahu dari empat negeri adat yaitu Kampung Baru, Selamon, Nusantara serta Wair, dan 8 perahu belang Nasional.

Untuk kategori lomba belang adat dimenangkan oleh perahu belang adat Salamun, disusul perahu belang adat Waer, dan di posisi ke tiga oleh perahu belang adat asal Kampung Baru.

Sementara kategori lomba dayung belang Nasional dimenangkan oleh tim dayung Desa Waling Spanciby Merpati Putih sebagai juara bertahan, pemenang kedua dari Desa Tanah Rata peserta yang pernah menjadi  juara 1 pada lomba dayung di Teluk Ambon, dan tim dayung Dusun Kakastoren/Masariku berada di posisi ketiga. (*)

 

Pewarta : Arianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga