Perangkat Mac besutan Apple yang menggunakan chip M1 memang baru saja diperkenalkan beberapa bulan lalu. Namun dari laporan terbaru, peneliti keamanan telah menemukan ada malware yang menargetkan perangkat dengan chip M1.

Adalah peneliti keamanan Patrick Wardle yang mengatakan telah menemukan aplikasi berbahaya dan ditujukan secara spesifik untuk menyasar chip M1. Temuan ini dia ungkap melalui laman blog-nya.

Mengutip informasi dari Engadget, Jumat (17/2/2021), malware itu merupakan ekstensi adware bernama GoSearch 22 yang ditujukan untuk browser Safari. Menurut penelitimalware ini awalnya dirancang untuk prosesor Intel x86, tapi ternyata kini hadir sebagai varian adware Mac terkenal Pirrit.

Patrick kepada Motherboard mengatakan malware ini terbilang sama adware pada umumnya, yakni mengumpulkan data pengguna dan memunculkan iklan di layar perangkat, tapi dapat diperbarui dengan fungsi lebih berbahaya.

Kehadiran GoSearh22, menurut Wardle, sekaligus menegaskan bahwa kreator malware ini memang sengaja membuatnya untuk memastikan file berbahaya tersebut kompatibel dengan M1. Sebab, Mac terbaru juga bisa menjalankan aplikasi yang ditujukan untuk chip Intel x86.

 

Sebagai informasi, Wardle menemukan malware ini di platform pengujian antivirus, VirusTotal, yang diunggah pada Desember. Dia menemukan ternyata seluruh platform antivirus yang menandai GoSearch22 untuk chip M1 merupakan malware.

Kendati demikian, Apple diketahui mencabut sertifikasi untuk eksentensi ini, sehingga pengguna bakal kesulitan untuk mengunduhnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Food-haus-970x90-banner (2)

Baca Juga