FAKTALINTASNUSA, Jakarta – 15/08/21 Harga PCR di Indonesia menjadi akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Indonesia merupakan salah satu negara yang mematok biaya tinggi untuk test Covid-19 dibanding dengan negara lain . Di sebagian negara lain, bahkan test Covid-19 diberikan secara gratis atau cuma-cuma.

Di Indonesia, harga PCR ditetapkan dengan harga Rp 800.000 hingga jutaan rupiah, tergantung dengan kecepatan data diterbitkan. Sementara di negara lain, bahkan ada negara yang menggratiskan PCR.

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara perihal harga tes PCR di Indonesia yang relatif lebih mahal. Jokowi menegaskan telah berbicara dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terkait hal ini.

“Saya minta agar tes PCR ini berada di kisaran antara Rp 450 ribu sampai dengan Rp 550 ribu,” kata Jokowi, dalam sebuah video yang diunggah laman Sekretariat Presiden, Minggu (15/8/2021).

Jokowi menegaskan salah satu cara untuk mempercepat testing adalah dengan menurunkan harga tes PCR. Maka dari itu, Presiden tidak mau lagi mendengar harga tes PCR melonjak tinggi.

“Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah dengan menurunkan harga tes PCR, dan saya sudah bicara dengan Menteri Kesehatan mengenai hal ini,” jelasnya. ( redFLN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga