FLN, Masohi, 4/08/21. Sampai dengan hari ini rangkap jabatan badan/dinas mendominasi kelembagaan Pemerintahan di Kabupaten Maluku Tengah yang di pimpin oleh Bupati Tuasikal Abua.

Beragam Status pada media Online Fb, masyarakat menyoroti Manajemen Kepegawaian yang ada di Pemerintahan yang dijuluki Jendela Indonesia Timur ini.

Taslim dalam akun facebooknya Taslim Kalidupa Taslim (3/8/21) mempertanyakan Birokrasi yang di kelola Oleh Bupati dua Periode ini.

“ Birokrasi Malteng yang saat ini di kelola Bupati Tuasikal Abua cukup bagus di antaranya rangkap jabatan di antaranya Sekda Malteng DR R Sahubawa rangkap sebagai ketua Baplitbangda Malteng, S Alim Latuconsina sek KPU Malteng, rangkap jabatan sebagai Sek DPRD Malteng Tedi Salampesy, kabag Umum Setda Malteng rangkap kadis lingkungan hidup Malteng.”

Su seng ada ASN di Malteng yang golongan IV di Malteng yang bisa gantikan mereka di satu posisi yang di tinggalkan apalagi posisi itu ada yang sudah lebih dari 1 taong” lanjut Taslim Kalidupa.

Status Taslim menuai beragam komentar yang menginginkan Birokrasi di Maluku Tengah ini dikelola secara profesional dengan Melakukan lelang Jabatan.

“ Beta berhatap Bupati Malteng melakukan Lelang Jabatan secara terbuka dan Profesional “ komentar bang Al dalam facebook (3/08).

Sesuai surat edaran, nomor 2/SE/VIII/2019 tentang kewenangan pelaksana harian dan pelaksana tugas dalam aspek kepegawaian masa jabatan Plt berlaku hanya sampai enam bulan saja (sudah masuk perpanjangan 3 bulan).

Posisi plt selain tidak memiliki kewenangan mengeluarkan kebijakan strategis di OPD yang dipimpin sementara itu, juga ada tenggat waktu lamanya plt memimpin OPD yakni maksimal 6 bulan.

Masa jabatan Plt sudah diatur dalam Peraturan Menteri Aparatur Negara nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Pimpinan Tinggi, baik itu Tama, Pratama, dan Madya.

Penelusuran Media mengenai Jabatan Pelaksana Tugas (plt) pada Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah sampai dengan 18 Juli 2021

1. Plt. Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan ( BAPPLITBANG) dijabat oleh Sekertaris Daerah (Sekda)
2. Plt. Dinas Lingkungan Hidup, Kabag Umum Setda
3. Plt. Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Sekretaris Dinas Kesehatan
4. Plt. Dinas Perkebunan dan Peternakan Sekretaris Dinas Perkebunan
5. Plt. Sekretaris DPRD , Sekretaris KPUD
6. Plt. Dinas Komunikasi dan Informasi, Kepala Bidang Bapplitbang
7. Plt. Dinas Pekerjaan Umum dan PR, Sekretaris Dinas PUPR
8. Plt. Dinas Koperasi UKM ,Sekretaris Dinas Koperasi
9. Plt. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Sekretaris dinas Perindag
10. Plt. Dinas Perpustakaan, Assisten Pemerintahan Setda
11. Plt. Dinas Perikanan
12. Plt. Dinas Perhubungan
13. Plt. Badan Penanggulangan Bencana Alam
14. Plt. Dinas Pariwisata
15. Plt. Dinas Penanaman Modal dan PTSP
16. Plt. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
17. Plt Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura
18. Tiga Staf Ahli sampai sekarang masih belum di lantik.

Dari tujuh belas Plt Dinas/Badan dan tiga Staf Ahli, Bupati Maluku Tengah baru saja Melantik empat Dinas (19 Juli 2021) yakni Dinas Pariwisata, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura. Masih tersisa kurang lebih dua belas eleson 2 (dua) atau pelaksana tugas (plt).

Konfirmasi media dengan Kepala Badan Kepegawaian dan PSDM melalui telpon seluler siang tadi (4/08/21) membenarkan ada Pelaksana tugas Pada Pemda Maluku Tengah –

“ jadi yang ada ini ada plt . . Dinas Plt itu ada sekitar 7 (tujuh).., nanti telpon balik lagi ya saya cek dulu supaya informasi saya …”

Kepala Badan Kepegawain setelah di konfirmasi ulang sudah tidak mau lagi memberikan konfirmasi sesuai janjinya . Alasannya karena ini informasi Pemerintah. Padahal Media sudah memperkenalkan identitasnya.

“ Mohon maaf…soalnya ini informasi Pemerintah menyangkut dengan jabatan saya. Jadi kalau saya tidak kenal bapak Mohon maaf beta seng bisa kasih Informasi kecuali kita Face tu face sudah pernah mengenal. “.

Menyimak Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Maluku Tengah terdapat 33 jabatan Struktural Eselon 2 (dua)

1. Dinas Perikanan
2. Dinas Kesehatan
3. Dinas Sosial
4. Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja
5. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan
6. Dinas Pariwisata,Kepemudaan dan Olah raga
7. Dinas Perindustrian dan Perdagangan
8. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
9. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Negeri, Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
10. Dinas Lingkungan Hidup
11. Dinas Pekerjaan Umumu dan Penataan Ruang
12. Dinas Ketahanan Pangan
13. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
14. Satpol PP
15. Dinas Perhubungan
16. Dinas Komunikasi dan Informasi
17. Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura
18. Dinas Perkebunan dan Peternakan
19. Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah
20. Dinas Penanaman Modal dan PTSP
21. Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
22. Dinas Perpustakaan
23. Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah
24. Badan Pendapatan Daerah
25. Badan Kepegawaian dan PSDM
26. Badan Perencanaan Pembangunan , Penelitian dan Pengembangan
27. Sekretaris DPRD
28. Asisten 1
29. Asisten 2
30. Asisten 3
31. Staf Ahli 1
32. Staf Ahli 2
33. Staf Ahli 3

Semoga Manajemen Birokrasi Pemerintahan di Kabupten Maluku Tengah dikelola sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku (Fln 01)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga