Ada banyak sekali manfaat senam aerobik secara teratur yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Serangkaian gerakan yang dilakukan dengan iringan musik dan durasi tertentu, dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Kardio adalah istilah lain dari senam aerobik. Manfaat senam aerobik secara teratur dapat dirasakan karena gerakannya ampuh merangsang otot, sendi, dan tulang. Aliran darah menjadi lancar, oksigen menjadi lebih mudah didapat karena gerakannya. 

 

Lancarnya peredaran darah dan pembakaran kalori karena peningkatan metabolisme, membuat masalah jantung, kolesterol, diabetes, dan tekanan darah tinggi dapat dihindari. Selain itu, manfaat senam aerobik secara teratur juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif seseorang dan mencegah stres atau depresi.

Berikut Liputan6.com ulas manfaat senam aerobik secara teratur dari berbagai sumber, Kamis (21/1/2021).

Menjaga kesehatan jantung tidak hanya dari makanan yang dikonsumsi. Melainkan bisa didukung dengan senam aerobik. Manfaat senam aerobik secara teratur sangat baik untuk jantung.

Tubuh akan merespons gerakan senam aerobik yang dilakukan dengan baik. Sistem pernapasan akan menjadi lebih panjang dan dalam sehingga meningkatkan kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung.

Saat senam aerobik dilakukan, jantung akan berdetak lebih cepat sehingga mampu memompa darah ke otot dan kembali ke paru-paru lebih baik. Tidak hanya aliran darah jantung yang lancar, tetapi paru-paru akan mendapat dampaknya juga.

Menjaga Berat Badan

Olahraga aerobik merupakan salah satu olahraga paling efektif untuk menjaga berat badan seimbang. Selain menjaga kesehatan jantung, manfaat senam aerobik secara teratur dapat menambah energi tubuh.

Bila dilakukan selama 30 hingga 60 menit per hari, maka jumlah kalori yang terbakar akan cukup banyak. Apabila diimbangi dengan pola makan sehat, berat badan bisa lebih terjaga dan tidak akan mudah gemuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Food-haus-970x90-banner (2)

Baca Juga