Kepulauan Anambas merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Tercatat pada 2007 sekitar 41.341 jiwa menempati kabupaten seluas 590,14 km2 dengan luas perairan mencapai 46,074 km2.

Anambas terletak antara Singapura dan Kepulauan Natuna di Laut China Selatan. Posisi tersebut menjadikannya salah satu kabupaten terdepan Indonesia.

 

Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari 255 pulau-pulau kecil dengan hanya 26 pulau yang berpenghuni. Artinya, mayoritas pulau di Anambas tak berpenghuni yang memerlukan patroli ketat dari aparat.

Keindahan Anambas dinobatkan sebagai peringkat pertama pulau tropis terindah di Asia versi CNN pada 2012 mengalahkan Koh Cang dan Similand (Thailand), Langkawi (Malaysia), serta Teluk Halong (Vietnam). Namun, hal-hal menarik tentang Anambas tak hanya itu. Liputan6.com merangkum enam fakta di antaranya yang dikutip dari berbagai sumber, Rabu, 17 Februari 2021.

1. Pulau Bawah di Anambas

Objek wisata Pulau Bawah Anambas menjadi destinasi wisata bergengsi pada 2018 di Kepulauan Riau. Pulau di Kabupaten Anambas itu menawarkan berbagai macam wisata, terutama wisata ecopark. Di sana juga terdapat laut yang jernih dan biru, serta hutan yang lebat.

Pulau Bawah Anambas ini disebut-sebut sebagai surga yang jatuh dari langit. Ekosistem dan habitatnya masih asli, seperti kembali ke masa 10 abad yang lalu. Pulau Bawah memiliki tiga laguna dengan air yang bening hingga 13 pantai dengan pasir putih yang lembut. 

Pulau Bawah ini memiliki luas sekitar 300 hektare. Jumlah pengunjung pulau itu dibatasi sekitar 70 orang per kunjungan. 

Satu hal yang perlu diketahui, pulau ini hanya bisa diakses melalui jalur laut atau dengan menggunakan pesawat terbang yang bisa mendarat di laut (seaplane). Akses seaplane bisa dari Bandara Batam dan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 70 menit perjalanan. Pelancong asing yang ingin ke Pulau Bawah Anambas harus memiliki visa untuk masuk ke sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

putih

Baca Juga